8 Jajanan Kaki Lima Favorit Khas Korea Selatan

Kalau berkesempatan jalan-jalan ke Korea Selatan, kayanya belum lengkap kalau enggak mencoba jajanan alias makanan yang dijual di tenda-tenda pinggir jalan. 

Makanan yang dijual pun bermacam-macam, seperti gorengan (buchimgae, pajeon yang bentuknya seperti pancake, tteokpokki (dijual per mangkuk atau piring), dan odeng atau disebut juga fish cake yang dijual per tusuk atau menjadi satu dengan tteokpokki. Intip foto-fotonya di bawah ini.

1. Odeng

Odeng. Kudapan fish cake ini rasanya mirip dengan bakso ikan, yang direbus dan disajikan bersama kuah kaldu lobak dan rumput laut.


2. Mayakgimbap

Mayakgimbap. Sebagai racikan makan siang, gimbab terdiri dari nasi – dalam bahasa Korea disebut ‘bab’ – daging, berbagai sayuran dan acar. Kuliner jenis ini semakin menarik karena nasi yang digunakan dalam gimbap dibumbui dengan garam dan minyak wijen. 

3. Ddukbokkie

Ddukbokkie dibuat dari kue ikan, telur rebus, ditambah saus pedas yang sedikit manis. Kue beras yang kenyal dan lembut, dihadirkan sebagai penawar rasa pedas. 

4. Gorengan atau Twigim 

Gorengan atau twigim. Twigim adalah gorengan yang biasanya terbuat dari udang, cumi, beragam sayuran seperti terong atau wortel atau ubi yang dicelupkan dalam adonan tepung kemudian digoreng. 

5. Dakkochi

Dakkochi adalah potongan daging ayam tusuk dan dimasak seperti sate ayam. 


6.Chesnut Bakar 



7. Hotteok 

Hotteok. Hotteok adalah salah satu jenis kue beras yang populer di Korea Selatan. Bila biasanya banyak kue beras yang dimasak dengan cara dikukus, hotteok dimasak dengan cara digoreng. 

8.Ojingeo 

Ojingeo gu. Potongan cumi-cumi yang dikeringkan. Biasa nya jajanan ini sudah dibagi-bagi dalam gelas kertas dan dipanaskan dengan sedikit mentega sebelum diserahkan kepada pembeli. 



Postingan populer dari blog ini

Roti Bertabur Emas Termahal di Dunia, Harganya Rp 1,8 Juta

Freemansonry itu apa?